How to make indonesian recipes Batagor include tips and trik

Indonesian food recipes for beginner batagor bandung
 

Batagor merupakan singkatan dari Bakso Tahu Goreng, ialah sajian yang mencuri perhatian banayak orang di jagat kuliner Indonesia. Terdapat sejumlah ciri khas yang menjadikan batagor begitu memikat yaitu karena bulatan-bulatan bakso yang kenyal, disandingkan dengan tahu yang digoreng hingga keemasan dan kemudian disiram dengan saus kacang lezat serta dicampur dengan kecap manis yang menggugah selera. Tak hanya itu, tambahan irisan ketimun segar dan bawang goreng membuatnya semakin nikmat dan memanjakan lidah siapapun yang menikmatinya.

Siapa pun bisa menikmati batagor, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, dan dari berbagai lapisan masyarakat. Harganya pun relatif terjangkau, membuatnya menjadi pilihan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Batagor dapat ditemukan di berbagai tempat, mulai dari pedagang kaki lima di sudut-sudut pasar tradisional hingga restoran khusus yang menyajikan varian batagor dengan beragam tambahan dan variasi rasa. Kehadiran batagor di berbagai tempat membuatnya menjadi salah satu sajian yang mudah diakses oleh siapa pun di Indonesia.

Asal usul batagor masih menjadi misteri yang memikat. Konon, ada cerita bahwa batagor pertama kali muncul di kota Bandung, Jawa Barat, pada sekitar tahun 1940-an. Namun, seperti banyak cerita kuliner lainnya, sejarah pastinya masih dalam perdebatan.

Mengapa orang-orang begitu menyukai batagor? Jawabannya bervariasi, tetapi salah satunya adalah karena cita rasa yang unik dan kenikmatan yang ditawarkannya. Kombinasi antara tekstur kenyal bakso dan kelezatan tahu yang renyah, ditambah dengan saus kacang yang gurih, membuatnya menjadi hidangan yang sulit untuk dilewatkan. Selain itu, kehadiran batagor yang merata di berbagai tempat membuatnya menjadi pilihan makanan yang praktis dan memuaskan bagi banyak orang.

Ho tow make Batagor :


1. Goreng bumbu kacang kurang lebih 5 - 6 menit . Oh iya bumbu kacangnya tidak boleh memakai api yang besar ( harus gunakan api kecil ) dan kacangnya harus selalu di aduk - aduk ya. Gorengnya jangan sampai kecoklatan ya, karenan nanti jika diangkat akan berubah lagi warnanya menjadi lebih hitam kembali.Karena kacang bisa mengandung minyak.

2. Goreng bawang merah dan bawang putih yang sudah di haluskan.

3 Masukkan telur ayam. Ini berlaku kelipatan misal kamu bikin kacang tanah 1 kg maka kamu masukin 1 butir telur ayam. dan kalau 2 kg kacang tanah kamu masukin 2 butir telur ayam. Serta Tambahkan air 1 gayung.

4. Tambahankan garam 1 sendok makan.

5. Tambahkan penyedap rasa ( micin )

6. masukkan lada bubuk.

7. Masukkan penyedap rasa yg rasa sapi ( masako ) tunggu hingga mendidih

8. Siapkan wadah masukkan tepung terigu 1 kg.

9. Iris tipis - tips daun baang lalu campur di dalam tepung terigu.

10. Masukkan air yang telah mendididh keadaan panaske dalam tepung tadi lalu aduk - aduk. Masukin airnya sedikit - sedikit saja

11. masukkan tepung kanji seperempat kg lalu aduk - aduk kembali. Perbedaan cilok dan batagor yaitu jika cilok biasanya pemakaian tepung kanji lebih banyak dari pada tepung terigu.

12. Blender kacang tanah yang telah di goreng , tambahin sedikit air . 

13. Taruh minyak sedikit ke dalam ajan lalu taruh bumbu bawang putih dan baang merah yang telah di haluskan sebnyak 1 sendok makan lalu di gongso sampai harum. Lalu masukkan cabe merah yang sudah di haluskan sebnayak 3 - 4 sendok makan untuk membuat arna dan rasa yg sedikit pedas.

14. Tambahkan daun jeruk supaya menambah wangi. Sebelum menaruhnya ke wajan kamu sobek terlebih dahulu. 

15. Lalu kalau sudah matang tinggal kamu masukin kacang tanah yang telah di blender tadi.

16. Masukkan gula pasir 6-7 sendok, micin 1sendok teh, garam 1 sendok teh.

17. Masukkan penyedap rasa merek megi - megi 1 sachet dan merek royko 2 sachet, masukkan sedikit lada bubuk.

18. Tunggu hingga bumbu batagor matang dan siap untuk di sajkan.

19. Oh iya lanjutan dari step no 11 yaitu siapkan kulit pansing secukupnya kemudian potong menjadi 4 bagian

20. Lalu ambil 1 kulit pangsit dan ambil 1 adonan bahan step no 11 sebanyak 1 sendok teh lalu bkalian bisa bentuk seperti bunga atau sesuai selera kamu.Kamu lakukan itu sampai adoanan habis

21. Panskan minyak hingga benar - benar panas dengan api kecil dan goreng hingga kecoklatan atau sampai benar - benar kering

22. angkat dan tiriskan Sajikan bersama bumbu batagor sebagai pelengkap bisa kamu tambahin timun juga.

23. Jika kamu suka bisa di tambahin kecap manis dan saus

Previous Post Next Post

popunder adsterra

نموذج الاتصال