Cara menjawab pertanyaan petugas imigrasi saat ingin pergi ke luar negeri

Cara lolos dari petugas imigrasi


Internewshub - Paspor yang masih aktif minimal 6 bulan sesampainya tiba di negara tujuan. Bila kamu yang mengunjungi saudara, teman yang membutuhkan visa untuk masuk atau yang ingin bekerja kamu membutuhkan visa kerja sedangkan visa pelajar buat kamu yang ingin study. Visa ini rata – rata bentuknya stiker  dan biasanya sudah di tempel di paspor ketika paspor kalian di setujui. Namu nada juga yang bentuknya selembaran form yang kita isi secara online dan kita print.

Bagi kamu yang ingin mengajukan visa, salah satu syarat mengajukan permohonan visa adalah kita harus punya surat rekomendasi dari sekolah atau tempat kita bekerja di luar negeri. Atau surat sponsorship buat kamu yang ingin mengunjungi teman, kerabat, atau seseorang yang berada di luar negeri tersebut.

Nah nanti suratnya akan di kumpulkan beserta dokumen – dokumen yang lain saat mengajukan visa di kedutaan atau agency untuk negara tujuan. Surat rekomendasi atau surat sponsorship itu lebih baik kamu fotocpy dahulu untuk berjaga – jaga dan untuk kalian tujukkan saat di counter imigrasi.

Jadi yang asli untuk permohonan pengajuan visa dan fotocopy untuk kamu tunjukkan ke petugas imigrasi counter. Karena ada seseorang yang sebenarnya sudah sering bolak balik ke Singapura, tahun lalu surat sponsorshipnya tidak di fotocopy dan langsung di kumpulkan untuk surat permohonan visa. Sebenarnya pada tahun sebelumnya tidak ada masalah. Namun tiba – tiba saat itu ketika dia sedang di counter petugasnya meminta untuk menunjukkan surat sponsorshipnya karena ingin melihat. Kemudia dia bilang kan sudah saya kumpulkan untuk permohonan pengajuan visa kemudian setelah di tanya banyak hal akhirnya orang tersebut bisa lolos masuk ke Singapura.

Walaupun kita di kasih boarding pass saat check in counter entah 1, 2, atau 3 boarding pass tergantung berapa kali kita transit kita wajib print tiket pesawat pulang pergi kita.

Sebenarnya kita memang bisa menunjukkan bukti pembelian tiket pesawat dari hp kita. Namun di sini Internewshub tidak menyarankan jika kamu baru pertama kali pergi ke luar negeri karena jika hp kita hilang atau baterai kita habis atau bookingan kita masih ada di email dan kita lupa menyimpannya di dokumen atau kita lupa screenshot dan kita membutuhkan akses internet untuk membukanya. Padahal tidak semua bandara internetnya geratis . Sudahlah paling aman kalian print saja tiket kalian biar aman.

Buat kalian yang liburan dan tinggal di hotel print juga bukti pembelian dan jika kalian mengunjungi teman atau saudara di luar negeri saran dari internewshub adalah kalian hafalin alamatnya atau kalian catat Alamat rumahnya di kertas kecil lalu kalian taruh di dompet atau bisa di taruh di tempat yang gampang kalian ambil saat mau di baca saat di tanya petugas imigrasi.

Print arrival form yang kita isi secara online

Buat itinerary. Itinerary itu adalah selembaran yang berisi jadwal atau agenda selama kalian berada di luar negeri terutama buat kamu yang tujuannya adalah liburan.

Kumpulkan semua dokumen di satu map agar barang tidak tercecer

Cara menjawab pertanyaan petugas Imigrasi :

Jawab dengan sigap dan jangan bertele-tele

 

Jika kalian di tanya tujuannya apa ke Singapura . Langsung aja jawab untuk liburan, kuliah atau bekerja. Karena nanti mereka juga akan mengecek ulang di paspor apakah visa kita beneran visa liburan atau visa kerja.

 

Setelah kalian menyerahkan paspor dan dokumen-dokumen yang internewshub sebutkan. Setelah itu kalian di suruh untuk menghadap kamera lalu meletakkan jari kalian di fingerprint kemudian setealh itu barulah kalian di beri pertanyaan misal: apa tujuan kamu ke negara Singapura ? Tinggal di mana kalau ke Singapura? Jika kalian ingin tinggal di hotel tinggal sebutkan nama hotelnya beserta lokasi hotelnya. Tidak perlu Alamat detailnya. Namun jika kamu tinggalnya di rumah teman atau saudara kamu hafalin alamatnya. Pergi sama siapa? Kalau kalian sendiri ya bilang aja sendirian. Berapa lama tinggal di sana? Kalian jawab singkat aja 2 minggu 3 minggu. Terakhir biasanya di tanya kapan balik ke Indonesia ? Ada baiknya kamu hafal tanggal balik ke indonesia misal 10 maret

 

Nah kalau sekarang kita beralih menjawab pertayaan dari petugas imigrasi di bandara negara tujuan. Ini adalah interview yang menentukan apakah kamu lolos pergi ke negara tujuan atau tidak. Jika negara tujuan kamu adalah brunei, Malaysia dan Singapura kamu masih bisa menjawab dengan Bahasa Indonesia. Namun jika negara tujuanmu lintas benua seperti eropa, Australia kamu harus menggunakan Bahasa inggris. Dan jika kamu ingin perdi ke jepang kamu juga tidak perlu belajar Bahasa jepang dulu cukup pakai Bahasa inggris saja. Karena mereka juga faham Bahasa inggris.

 

Contoh pertanyaan dari petugas imigran :

 

Petugas : Can I see your passport, please? / your passport please!

You : Sure! Here You are. / Sure! Here you go

Petugas : Look into the camera! / face the camera !

Petugas : please your thumbs on the figer print reader

Petugas : what’s the purpose of your visit ? / the purpose of your visit ?

Petugas : Do you have a return ticket ( kita di suruh menunjukkan tiket pulang dan pergi)

Petugas : when are you leaving ? / when will you be leaving ? / when will you leave?

You : on the first  of June / on the second of April

Petugas : what’s your profession ? / what is your job ? / what do you do?

 

 

Previous Post Next Post

popunder adsterra

نموذج الاتصال